Kamis, 23 Desember 2010

Desain Grafis sebagai media promosi.
         Komputer sekarang ini merupakan barang yang sudah banyak kita jumpai di masyarakat. Tak jarang kalau tiap rumah saat ini mempunyai 1 komputer. Apalagi dengan hadirnya laptop, notebook, dan netbook menambah keyakinan kita bahwa komputer saat ini merupakan kebutuhan pokok masyarakat luas. Manfaat komputer yang begitu besar dalam kehidupan kita memberi makna tersendiri dalam ketergantungan kita terhadapnya. Contoh yang mudah saja, seperti sekarang ini kita sedang memanfaatkan komputer. Manfaat komputer sudah bisa dirasakan hampir seluruh manusia di muka bumi ini. Dari hal kecil seperti menulis surat atau tulisan yang lain sampai hal yang luar biasa super, menggunakan komputer. Bahkan tak sedikit orang yang mendapatkan penghidupan dari komputer.
         Desain grafis merupakan salah satu dari berjuta peluang usaha dengan memanfaatkan komputer. Dengan perkembangan teknologi saat ini, desain grafis merupakan cara yang efektif menarik perhatian konsumen. Selain text promosi, gambar dan penataan artistik akan memberikan kesan yang menarik dan rasa penasaran konsumen, sehingga akan tertarik pada iklan kita. Desain grafis bukan hanya sekedar desain, tapi kolaborasi warna dan arsitektur penempatan obyek-obyek yang ada sangat menentukan keindahan desain tersebut. Penggunaan warna yang serasi akan memberikan efek sejuk pada penglihatan mata. Mata tidak akan terbebani dengan warna-warna mencolok dan terlalu kontras dengan warna sekitarnya. Ada kalanya kita memang memberikan warna yang mencolok atau lebih kontras dari yang lain untuk mendapatkan perhatian yang lebih dari konsumen pada bagian yang kita anggap penting. Tapi semua itu juga harus memperhatikan efek penglihatan mata, jangan terlalu banyak dan berani bermain dengan warna mencolok, nanti bukan pewarnaan yang seimbang dan serasi yang kita dapatkan tetapi justru pewarnaan yang saling bertentangan dan berlawanan. Sehingga konsumen akan merasa malas melihat desain kita. Selain warna, penempatan obyek pendukung juga harus seimbang. Misalkan pada desain terdapat beberapa gambar, text, atau logo atau obyek yang lain, harus kita tempatkan pada posisi yang seimbang. Misalkan jika gambar kita tempatkan di bagian kanan semua, kita harus menyeimbangkan bagian kiri dengan obyek yang lain agar desain kita tidak berat sebelah. Keseimbangan ini juga sangat mempengaruhi efek penglihatan konsumen. Efek-efek desain yang lain dapat kita tambahkan untuk mempercantik desain kita. Sudah banyak software yang mendukung pembuatan efek-efek desain grafis. Hal ini kita tujukan untuk lebih menarik perhatian konsumen. Hal klasik yang tak kalah penting adalah bahasa iklan. Penggunaan bahasa iklan memang hal yang sangat penting bagi desain kita jika desain kita merupakan desain untuk advertising. Desain yang menarik akan lebih berkesan jika ditambah text yang bisa langsung diingat konsumen. Walaupun desain kita SIMPLE, tetapi berkesan ELEGANT dan COMMUNICATIVE kepada konsumen, maksud dan tujuan desain kita akan langsung tersampaikan dan bisa langsung dimengerti oleh konsumen.
    Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kita. by Arrin Design .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar